Jababeka Gelar The First International Cultural Festival

Penampilan Tarian dari Komunitas Korea yang ada di Kota Jababeka

Penampilan Tarian dari Komunitas Korea yang ada di Kota Jababeka

Kawasan Kota Jababeka belum lama ini menggelar rangkaian pagelaran internasional, yang menampilkan berbagai pentas kebudayaan dari Jerman, Jepang, China, Vietnam, Korea, Filipina dan Indonesia. Kegiatan yang diberi nama “The First International Cultural Festival” berlangsung di Jababeka Multicultural Centre, Cikarang, Jawa Barat.

“The First International Cultural Festival” merupakan sebuah acara yang mewadahi diplomasi kebudayaan antara kelompok internasional yang tinggal di Indonesia melalui kesenian seperti tarian, nyanyian, film, dan gaya bahasa. Adapun gedung yang digunakan untuk acara ini adalah Multicultural Center yang berada di Sunset Boulevard, Indonesia Movieland. Fasilitas awal yang dimiliki Multicultural Center berupa gedung teater dengan kapasitas 400 kursi, serta  panggungnya.

 Kegiatan yang ditujukan untuk mempererat hubungan antar komunitas internasional ini merupakan kerjasama antara Indonesia Movieland, Forum Kebudayaan Indonesia, Lions Club Kartini, dan didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan Kementerian Luar Negeri serta dihadiri oleh beberapa korps diplomatik dari sejumlah kedutaan, antara lain Suriname, Filipina dan Negara sahabat dari Benua Afrika. 

Tak hanya kesenian, “The First International Cultural Festival” juga menyediakan bazaar makanan yang mewakili dari berbagai Negara, antara lain Ichiban Dorayaki, Kebab Turki, Es Dawet, Coffee Toffee, Pecel Ponorogo, dan makanan khas Filipina yaitu  lugaw (bubur ayam dengan resep Filipina) dan turon (pisang goreng yang berbeda dengan pisang goreng Indonesia). Hampir seluruh pengunjung tertarik dengan bazaar makanan tersebut, sehingga seluruh makanan habis terjual.

Melalui kegiatan “The First International Cultural Festival” ini, diharapkan terjalin komunitas kebudayaan dan intelektualitas di kawasan Kota Jababeka. Naskah : Feri Awan Hidayat     Foto : Koleksi Kota Jababeka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: